Pesantren

Pondok pesantren Faidlul Hikmah terletak di Kabupaten Brebes bagian selatan tepatnya desa Ciklenteng – Cilibur – Paguyangan 52276, Faidlul Hikmah, adalah salah satu pesantren yang terletak jauh dari arah perkotaan, kira-kira 9 km kearah timur dari kota Bumiayu, letak geografisnya di dataran tinggi dengan dikelilingi perbukitan yang eksotis, serta hamparan sawahnya yang menghijau menjadikan lingkungan pesantren yang sejuk.
Rintisan Ponpes Faidlul Hikmah ini dimulai pada tahun 1990an seiring dengan boyongnya “SANG SANTRI TULEN” dari pengembaraannya ngangsu ilmu di pesantren, santri tulen asli kelahiran ciklenteng adalah Kyai Mohammad Wajid MS. yang akrab disapa Abah.

Setelah dari masa kecil hingga dewasa ia habiskan ngalap barokah dan ilmu dari pesantren.Beliau pulang dengan kesederhanaannya. Awal mula mulai merintis pengabdian kepada masyarakat dengan menjadikan masjid Al-Hikmah di ciklenteng sebagai pusat da’wah dan mengajar ilmu Agama, dengan metode Al-Hikmah (kebijaksanaan) yaitu menyelaraskan da’wah sesuai keadaan masyarakat objek mad’u (objek da’wah), hal ini didasari dengan firman Allah SWT :“serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (An-Nahl : 125).

Pada waktu itu belum ada santri yang menetap karena memang belum ada tempat penginapa, santri yang belajar ilmu agama, selesai mengaji langsung pulang kerumah masing-masing sehingga di juluki Santri Kalong.
Karena Santri yang datang untuk mengaji semakin banyak, maka di bangunlah sebuah pondok pesantren yang kemudian bernama “Pondok Pesantren Faidlul Hikmah” sebuah pondok pesantren kecil namun penuh dengan keberkahan.

Hingga sekarang dengan ridlo dan kehendak Allah SWT,Ponpes Faidlul Hikmah menampung para santri dari berbagai daerah baik dari jawa maupun dari luar jawa.

# Kegiatan di Pondok Pesantren Faidlul Hikmah meliputi:
* Pengajian weton/Sorogan Bandungan yang diikuti oleh semua santri dan penduduk sekitar.
* Pengajian baik berkala maupun mingguan untuk umum.
* Pesantren kilat/Pesantren liburan untuk menampung siswa dan yang libur.
* Pengiriman mubaligh/mubalighoh kedaerah-daerah yang membutuhkan.

# Unit pendidikan Non Formal
* Madrasah Diniyah Awaliyah
* Madrasah Diniyah Wustho
* Madrasah Diniyah ‘Ulya

# Unit keterampilan dan kursus meliputi:
* Pertukangan
* Mengetik
* Perikanan
* Pertanian
* Komputer
* Bahasa Arab dan Inggris
* Seni Membaca Al-qur’an
* Seni Hadroh
* Seni Bela Diri

# FASILITAS
Sejak berdirinya Ponpes Faidlul Hikmah sampai sekarang telah memiliki berbagai fasilitas yaitu:
1. Masjid
2. Asrama Santri Putra Dan Putri
3. Ruang Belajar
4. Perpustakaan
5. Aula (Audorium) 4 buah
6. Dapur ndeso

Untuk santri yang menempuh pendidikan formal, sekolah tidaklah jauh dari pesantren dari mulai TK-SD-SMP-SMA hanya di tempuh dengan berjalan kaki, karena lokasinya masih di sekitar desa Cilibur seperti SD Cilibur 03 di Ciklenteng, SMP MA’ARIF NU dan SMA Nurul Huda NU di Beran Cilibur, dan Juga MTs Miftahul Ulum di Kumambang Cilibur, untuk santri yang melanjutkan ke Perguruan tinggi bisa ke STIKIP Bumiayu, AKPER dan AKBID di Benda sirampog dan lainnya.

Pondok pesantren Faidlul Hikmah Alhamdulillah berada di lingkungan yang sangat mendukung jauh dari bising kota dengan karunia sumber air yang begitu bening keluar di bawah masjid Al-Hikmah yang mencukupi kebutuhan air santri dan masyarakatnya, terletak ditepi jalan yang setiap hari dilalui pedagang sayuran dan makanan yang akan pergi ke pasar juga banyaknya warung nasi dan sembako di sepanjang tepi jalan di Ciklenteng dengan harga yang relatif murah yang stara dengan SDM desa.

Santri belajar dengan tenang biasanya mereka menghapal pelajaran di belakang pesantren sambil menikmati gemercik air balong dan rimbunnya pohon beringin. Masya Allah Negaraku memang “Baldatun Toyyibatun Warobun Ghafur” semoga Allah senantiasa melindungi dan meridloi pesantren sederhana yaa..pesantren kecil namun penuh berkah “Faidlul Hikmah” ya Allah ya Rahman ya Rahiem kami hanya mengharap keridlo’anMU Amien ya mujabbiliin.

Silakan Login terlebih dahulu melalui akun wordpres, facebok atau tewitter yang tersedia untuk meninggalkan komentar dan pesan anda pada kotak dibawah ini:

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: