Gus Maksum

KH.Muhammad Abdullah Maksum Jauhari
Beliau dilahirkan di Kanigoro, Kras Kediri pada tanggal 8 Agustus 1944 dari pasangan KH.Abdullah Jauhari dan Nyai Hj. Aisyah, sejak sijabang bayi ada dalam kandungan, kiai jauhari dan nyai aisyah biasa membacakan Al-Qur’an, Asmaul Husna, wirid dan shalawat dengan harapan kelak bayi yang berada dalam kandungan kelak lahir menjadi anak yang berguna bagi Agama Nusa dan Bangsa.
Sejak kecil beliau sangat patuh pada orang tuanya tak pernah ia membantah apa yang diperintahkan keduanya. kepatuhan ini bahkan dibawanya hingga akhir hayatnya. sejak dini ia sudah diperkenalkan ilmu agama. Ia bersama ketiga kakak perempuannya dididik langsung oleh kiai jauhari dengan pengawasan yang ketat, setiap jam 01.00 dini hari mereka harus bangun disuruh mengambil air wudlu, shalat malam dan dilanjutkan mengaji pada kiai Jauhari.
pendidikan formal beliau diawali sekolah dasar di Kanigoro kemudian meneruskan sekolahnya di Pesantren Kakeknya yaitu KH.Abdul Karim di Lirboyo. Dalam hal membaca Al-Qur’an ia dibimbing langsung oleh kakeknya, KH.Abdul Karim dan Nyai Hj.Khadijah (Nyai Abdul Karim) hingga tak heran ia sangat fasih dalam melafalkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.
Selama menetap di Lirboyo ia banyak belajar agama kepada kiai di kediri dan sekitarnya, seperti KH.Jamaludin Batokan, KH. Jufri, Mbah Jipang (ngaji gampang) yang nama aslinya KH.Muhammad. Aktivitas Gus Maksum hampir seluruhnya di habiskan di pesantren hingga jiwa-jiwa pesantren melekat dalam kepribadiannya, diantaranya adalah kesederhanaan, kesantunan, kepedulian, kepatuhan kepada orang tua dan guru jiwa-jiwa inilah yang membentuk kepribadiannya sejak kecil hingga tua. Kesalehan pribadi dan sosialnya itu dibentuk oleh pendidikan pesantren yang di enyamnya.

About these ads

About Kang Santri

Dadi santri iku sing penting Sholat, ngaji, sekolah, apalan, lalaran, syawir, jama'ah kanti istiqomah

Posted on Juni 4, 2011, in Pagar Nusa. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Silakan Login terlebih dahulu melalui akun wordpres, facebok atau tewitter yang tersedia untuk meninggalkan komentar dan pesan anda pada kotak dibawah ini:

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: